Minggu, 11 September 2011

Feeling to be Anak Kost/Asrama

                    Aku jadi anak asrama sejak kelas 1 SMP. Berhubung karena SMP ku yang berlokasi di Jln.Antang Raya Makassar adalah boarding School yang menyediakan asrama bagi siswa/i yang rumahnya jauh dari sekolah. Akunya sih biasa-biasa aja waktu pertama kali meninggalkan rumah. Malahan aku seneng soalnya nggak ada lagi yang bakalan marah2 kalau kamarku berantakan.OOOPppsss.
                     Ehhh, pas masuk bukannya seneng tapi malah ngerasa nggak enak. Soalnya nak lain ternyata kamarnya rapi dan bersih-bersih. pulang pergi sekolah mereka beresin kamar. nggak ada tuh baju numpuk di lemari seperti aku. Hwaaalah,malu nih rasanya. Yang namanya kebiasaan yah susah dihilangin. Berkali-kali aku ditegur sama pembina asrama supaya jangan bikin kotor kamar. Wkakakak, aku memang waktu itu suka bikin berantakan kamar kalo udah dibersihin. Temen-temen juga suka negor sifat buruk aku itu. Pokoknya itu adalah waktu terberat buat aku untuk menyesuaikan diri dengan mereka. Aku bahkan sering nelpon ibu untuk keluar dari asrama. Tapi, mereka bilang agar aku tetap bertahan dan juga mau merubah kebiasaanku yang menurut orang JELEK.
                      Seiring dengan berjalannya waktu. aku pun mulai terbiasa dengan yang namanya beres2 kamar. ngembaliin barang  pada tempatnya, bersih2, dan sedikit tahu ttg masalah dapur. Yah, emang berat sih pas awal-awalnya. tapi kalo kita udah bisa nyesuain diri, bakalan enak kok. Dulu, aku nggak suka berteman sama mereka sang anak asrama. tapi sekarang, aku malah rindu dengan hari2 bersama mereka. Hari-hari bersama teman dari SMP Wahdah Islamiah.

                    Itu salah satu keuntungan menjadi anak asrama. selain itu, kalo ada PR, kita bisa ngerjain bareng-bareng atau kalo lupa, kita bisa nyontek punya teman. Muhahahhhhaaahaha.

                    Setamat SMP, aku lanjut di SMA negeri yang menjadi unggulan di kotaku. rasanya sih senang. Di sana juga ada asrama. tapi, aku mutusan untuk nggak jadi anak asrama lagi. Aku mau ngeKOST.
                    Jadi anak kost ternyata ribetnya minta ampun. Mulai dari cari tempatnya yang harus dekat dari sekolah. biar uang nggak habis buat transportasi. Buset, itu butuh waktu seharian. Tempat udah dapat, sekarang kita mesti beli lemari, meja belajar, kasur, dan peralatan rumah tangga seperti kipas angin,RiceCooker, TV, dsb. Pokoknya semua serba baru dan serba ribet. Kenapa aku milih kost? Biar aku bisa bebas ngapa-ngapain di kamar. Hohohohohohohohoho.
                     Jadi anak kost emang wennakkk. Tapi makannya itulohh, kita mesti cari di luar, soalnya aku nggak pintar masak. Karena itu, berat badanku jadi turun karena makan yang tidak teratur. Sarapan aja jarang karena paginya mesti nyiapin diri ke sekolah _ini untuk anak yang sering terlamabat bangun or untuk anak tipe lelet_
                     Keadaanku itu membuat ibuku khawatir, jadilah aku anak asrama lagi. Semua barang dipindahin dari tempat kostku ke rumah tante karena di asrama fasilitas seperti lemari dan meja belajar udah disediain. Urusan makan mah beres. di asrama SMA Negeri 17 Makassar ini terdiri atas 3 lantai. 2 lantai untuk cewek dan sisanya untuk anak cowok. Yang namanya juga masih awal, yah kita harus beradaptasi lagi kayak dulu di asrama SMP. Susahnya minta ampun, karena teman kamarku betul-betul nggak tolerir dengan keadaanku. Pokoknya pikiran orang dalam kamar itu berbeda satu dengan yang lain. Akunya mau ini, merekanya mau yang lain. BT pun merajalela. Gerah, nggak tahan, bosan, semuanya campur aduk deh. Untung aja temanku yang lain selalu mensupport aku dan selalu nenangin aku kalau wajahku udah menampakkan kegalauan yang sangat.
                       Pelajaran baru yang bisa kuambil adalah setiap manusia itu punya pikiran yang berbeda-beda. Kita nggak  boleh maksain keinginan kita dengan orang lain. Artinya sis, kita harus saling toleransi. Namanya juga kita tinggal di Indonesia, banyak jenis suku dan keyakinan. Hehe. Yah, lama-lama juga kami bisa saling komunikasi kok. Banyak hal yang kami telah lalui bersama.


                       Eh, aku bahkan punya pengalaman yang mungkin bisa masuk ke iklan Indomie. Gini ni, kita nak ceweknya tu satu angkatan dan satu asrama kompak banget. Kalo ada ujian semesteran besoknya, kita belajar ngebut semalam. Nah, di tengah-tengah suasana stress yang menggila, kita masak deh Indomie. Begadang kita tuh paling lambat sampe jam 3 pagi. Besoknya, jadi nggak konsen deh ngerjain soal karena ngantuk. Hohhahahahahaha....
                        Itulah ceritaku semasa menjadi anak asrama dan anak kost. Sering susah sih, tapi banyak banget yang namanya pengalaman dan persahabatan. Andai waktu bisa terulang, aku ingin mengulangi masa-masa SMA yang sangat menyenangkan. Aku ingin ketemu dengan teman-teman HLV SMAN 17 Makassar specially for one boy that i am FIL with him during grade 1 till now. But as you know i like him but he always hate me. Maybe. Hehehehehe.

1 komentar: